Rabu, 19 Juni 2013

Peluang Bisnis Jamur Tiram

Anda sedang bingung merintis usaha?Anda menggemari  budidaya tanaman?Anda punya lahan yang cukup luas namun belum termanfaatkan? Cobalah untuk berbisnis jamur tiram.

Jamur tiram merupakan tanaman yang kini banyak dibudidayakan oleh masyarakat. Selain karena jamur ini dapat dimanfaatkan untuk diolah menjadi beraneka macam makanan, jamur tiram juga mudah dalam pembudidayaannya. Budidaya jamur tiram tidak menyita banyak waktu dalam perawatannya jadi bisnis ini dapat dijadikan sebagai bisnis sampingan yang cukup menjanjikan. Kendati demikian, perawatannya pun juga tidak boleh sembarangan. Kita harus mengetahui betul cara perawatan akan jamur yang satu ini.

BUDIDAYA JAMUR TIRAM
Pembudidayaan jamur tiram dapat dilakukan di dalam rumah maupun di luar rumah. Jika anda mempunyai lahan yang cukup luas di pekarangan anda, anda bias membuat rumah jamur yang khusus digunakan untuk budidaya tanaman ini. Rumah jamur ini harus dikondisikan kebersihan dan kelembabannya karena hal ini sangat mempengaruhi pertumbuhan jamur. Suhu yang optimal untuk pembudidayaan jamur tiram adalah ±28°C sedagkan untuk kelembaban yang optimal adalah ± 90%. Selain itu intensitas cahaya yang masuk ke rumah jamur juga harus diperhatikan. Jangan sampai jamur ini terkena paparan sinar matahari langsung karena dapat membuat jamur ini mati.

Pemilihan media tanam disini juga harus diperhatikan. Media tanam ada banyak sekali jenisnya. Media tanam yang biasa dipakai adalah substrat kayu, serbuk gergaji, ampas tebu atau sekam. Media ini kemudian ditambahkan nutrisi untuk mendapatkan produksi jamur yang optimal, diantaranya adalah tepung jagung, air, dedak halus, gips atau kapur. Media tanam yang sudah dicampur dengan nutrisi ini kemudian dimasukkan dalam kantong plastik yang selanjutnya disebut dengan baglog. Namun jika anda tidak mau terlalu repot maka anda tinggal membeli baglog yang sudah siap pakai yang juga sudah dilengkapi dengan bibit.

PEMANFAATAN JAMUR TIRAM
Jamur tiram dapat diolah menjadi sayur baik dalam bentuk kuah maupun tumis. Selain itu kini juga banyak kita temukan kripik jamur yang sangat cocok disantap sebagai cemilan yang sehat dan bergizi. Menurut penelitian tanaman ini mengandung kalsium, vitamin B1, B2, dan vitamin C. Selain itu jamur ini juga dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit diantaranya adalah liver, diabetes, anemia, sebagai antiviral dan anti kanker.

Sumber:

3 komentar:

  1. pasar jamur tiram pun masih sangat luas..

    BalasHapus
  2. Bagi yang mau berwiraswasta tapi masih bingung untuk tambahan modal..!!

    Kami ada solusinya ,,,
    kunjungi link kami http://alternatiffinalsial.blogspot.com/

    BalasHapus
  3. TAHUKAH ANDA?
    ★ Kayu akan semakin habis dan semakin susah di dapat dimasa yang akan datang
    ★ Kayu Untuk bangunan akan semakin rendah mutunya dan gampang diserang rayap
    ★ Hutan Indonesia sudah menyusut dan menimbulkan pemanasan global
    ★ Peluang bisnis ini masih sangat bagus

    Kami dari CV. Hugo Baja Tehnik, merupakan Produsen Mesin Rollforming. Ingin memperkenalkan dan menawarkan produk-produk kami. Kami memberikan kualitas dan harga terbaik untuk Bapak/Ibu.
    Adapun mesin rollforming yang Kami produksi adalah sebagai berikut:
    1. Mesin Baja Ringan/Truss
    2. Mesin Hollow Lipat
    3. Mesin Spandek
    4. Mesin Genteng Metal
    5. Mesin bondek / floordeck
    Kami melayani pembuatan mesin rollforming berdasarkan pesanan sesuai dengan spesifikasi output yang ingin dihasilkan. Ketebalan yang dihasilkan bervariatif sesuai dengan kebutuhan. Komponen pada mesin yang kami gunakan memiliki kualitas yang terjamin. Kami memberikan garansi pada setiap mesin yang kami produksi.

    INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI :
    YUSUF
    TLP / SMS / WA : 082111211687
    PIN BB: 7483451B
    EMAIL : cv.hugobajatehnik@gmail.com
    http://mesinbajaringanterjangkau.blogspot.com/

    BalasHapus